Mangihut Sinaga Ikut Bursa Pilkada Samosir 2020, Ini Kata warga

Bakal Calon Bupati Samosir Mangihut Sinaga, SH,MH
PARTUKKOAN.com

SAMOSIR - Keraguan beberapa warga Samosir tentang keikutsertaan Mangihut Sinaga dalam bursa Pilkada 2020 akhirnya terjawab.

Sebelum acara “Pa-dos Tahi” yang dilakukan oleh Pomparan Toga Sinaga seluruh Indonesia 2 November 2019 yang lalu di Desa Sinaga Uruk-2 Palipi, umumnya warga masih meragukan informasi yang mengatakan dia akan ikut pada Pilkada Samosir 2020.

Keraguan itu dikaitkan dengan jabatan yang saat ini dimiliki Mangihut Sinaga yaitu seorang pejabat teras di Gedung Bundar Blok M, Jakarta.

"Ah, gak mungkin juga Pak Mangihut Sinaga mau mencalonkan diri menjadi Bupati Samosir mengikuti pilkada tahun 2020 yang akan datang," ujar beberapa warga yang ditemui partukkoan di beberapa titik kawasan Samosir. 

Informasi menyebutkan, Mangihut Sinaga saat ini menjabat sebagai Inspektur-V di Kejaksaan Agung RI. Sebelum menjabat Inspestur-V tersebut, Mangihut Sinaga juga pernah menjabat sebagai Wakajatisu, Kajati NTT dan Sulut.

Acara "Pa-dos Tahi" turunan Toga Sinaga pada tanggal 2 November 2019 yang lalu akhirnya menjawab keraguan warga.

"Ba, tohodo hape pak Mangihut Sinaga i mancalonhon diri gabe Calon Bupati Samosir 2020 ate! (Ternyata benar pak Mangihut Sinaga mencalonkan diri ya-red)", ujar Ledi Nainggolan, seorang warga Huta Binanga Bolon, Buhit Pangururan. 

Ketika mengatakan pendapatnya, Ledi Nainggolan yang selama ini menjadi pengelola “Hotel Sinur” milik pamannya, terlihat merasa sangat surprise.

"Terus terang, saya merasa surprise dengan pencalonan itu," ucapnya.

Ledi mengakui, jika nama Mangihut Sinaga sering menjadi bagian dari topik diskusi hangat dan positif para tamu yang datang di kantin hotel yang dikelolanya.

"Dari pembicaraan para tamu yang hadir silih berganti datang ke kantin hotel, memori saya merekam tidak ada isu negatif di dalamnya tentang Mangihut Sinaga ini," sebut Ledi.

Hampir senada dengan Ledi, salah satu tokoh pemrakarsa Kabupaten Samosir Sangkap Sihotang, SH, juga mengaku sempat ragu akan keikutsertaan Mangihut Sinaga di Pilkada Samosir 2020. 

"Oh, toho do hape maju halak amang jaksa i ate (Oh, berarti benar maju pak Jaksa itu ya-red)," jawabnya singkat via pesan WA kepada Tumpal Simanjorang rekannya di Kelompok Diskusi Perantau “Pature Samosir”.

“Selamat ma tu amang i, jala unang lupa pasahat tabekku," lanjut pesan WA-nya. 

Menurut Sangkap Sihotang yang juga mantan Kepala Badan Lingkungan Samosir ini, kepastian keikutsertaan Mangihut Sinaga dalam mengikuti Pilkada Samosir diperolehnya dari pesan gambar yang masuk ke WA-nya atas acara “Pa-dos Tahi” yang dilakukan di Desa Sinaga Uruk-2 beberapa waktu lalu.

Bonapasogit ‘Man-jou’

Bonapasgit ‘man-jou’ dapat diartikan panggilan tanah leluhur. Karena tanah leluhur tidak mungkin dapat melakukannya, maka  panggilan itu dilakukan para putra-putrinya. 

Tumpal Simanjorang ketika dikonfirmasi mengaku turut serta pada pertemuan saat Mengihut Sinaga dikunjungi beberapa anggota DPRD Samosir pada awal Oktober yang lalu. Pertemuan itu menurutnya adalah 'jou-jou' tanah leluhur yang dimaksud.

“Saya ikut dalam pertemuan itu. Ada sekitar dua pertiga anggota legislatif Samosir yang datang menemui Mangihut Sinaga di Jakarta untuk berkenan ikut dalam Pilkada Samosir 2020 sebagai Calon Bupati,” kata Tumpal.

“Bila melihat jumlah anggota legislatif yang hadir, maka bagi saya jumlah yang dua pertiga itu adalah representasi warga Samosir agar Pak Mangihut berkenan ikut dalam pilkada yang dimaksud. Dan itulah makna dari ‘bonapasogit manjou’ yang saya pahami,” ucap Tumpal menambahkan.

Untuk itu, menurutnya wajar jika Mangihut Sinaga menyebut bahwa keputusannya untuk ikut Pilkada Samosir sebagai panggilan tanah leluhur dalam upaya menjadikannya ke arah tujuan yang lebih baik. Bukan ‘panggilan’ untuk mencari ‘harajaon’ karena itu bukan motivasinya.

“Saya datang ke Samosir (ikut Pilkada-Red!) bukan untuk mencari ‘harajaon’. Sebab saya sudah mendapatkan harajaon itu. Dan kedatangan saya bukanlah mencari jabatan, karena saya sudah memiliki jabatan. Bahwa kedatangan saya adalah manghobasi Samosir untuk semakin lebih baik," pungkas Ketua Umum PPTSB Manngihut Sinaga ini ketika dikonfirmasi Partukkoan. (Monter Sagala)

Loading...
Share on Google Plus

Tentang Admin Lima

Partukkoan.com merupakan Situs Online yang dikelola untuk memberikan Informasi yang akurat dan terpercaya di sekitar Wilayah Tapanuli dan Bonapasogit, partukkoan.com adalah kompasnya orang batak.
    Facebook Comment