Orang Batak Suaranya Bagus Dan Tinggi, Inikah Penyebabnya?

Ilustrasi | net/adm
PARTUKKOAN.com

Salah satu suku di Indonesia yang dikenal dengan suara bagus dan bernada tinggi adalah dari Suku Batak yang berasal dari Sumatera Utara.

Bahkan banyak ajang kontes atau festival tarik suara yang diikuti oleh orang Batak seperti Indonesian Idol, The Voice, Rising Star, Indonesia Mencari Bakat (IMB) dan festival festival lainya ditingkat Nasional.

Sejak jaman dulu, banyak artis artis yang kita kenal baik di balantika musik  nasional dari tanah Batak seperti Rinto Harahap, Edy Silitonga, Benny Panjaitan, Judika Sihotang, Sam Simorangkir, Marsel Siahaan dan masih banyak lagi. 

Belum lagi artis artis daerah yang menyanyikan lagu lagu Batak, suaranya tidak kalah bagusnya dengan artis nasional.

Ternyata hampir semua orang Batak Hobby bernyanyi, namun kemampuan itu tidak didapat dengan sendirinya, melainkan sudah satu kebiasaan sejak kecil atau talenta.

Tradisi Mamuro

Mamuro adalah salah satu faktor yang membuat orang Batak suaranya bagus dan tinggi, hal ini dilakukan pada saat Padi mulai berbuah. Selain orang orangan sawah, orang Batak juga berteriak sekencang kencangnya untuk mengusir Burung yang mencoba masuk ke lokasi sawah. Dah hal itulah yang disebut dengan istilah mamuro.

Selain Mamuro, Orang Batak juga sejak kecil sehari harinya sudah terbiasa berbicara dengan suara bernada keras. Dengan demikian, Pita suara jadi terbiasa dengan nada nada tinggi.

Kemudian, kebiasaan bernyanyi juga dapat kita temui di tanah Batak seperti di Kedai Tuak. Saat minum tuak umumnya selalu diiringi musik dan bernyanyi. Jika tidak, maka seperti ada sesuatu yang kurang.

Jadi, itulah salah satu faktor, mengapa orang Batak suaranya bagus dan nadanya tinggi.

Penulis: Jefri Sitanggang

Loading...
Share on Google Plus

Tentang Partukkoan

Partukkoan.com merupakan Situs Online yang dikelola untuk memberikan Informasi yang akurat dan terpercaya di sekitar Wilayah Tapanuli dan Bonapasogit, partukkoan.com adalah kompasnya orang batak.
    Facebook Comment