Wacana Masa Jabatan Presiden 3 Periode Dinilai Tidak Tepat

Ilustrasi
PARTUKKOAN.com

JAKARTA, Wacana yang digaungkan saat ini terkait masa jabatan Presiden menjadi tiga periode dinilai tepat. Hal ini diungkapkan Analis Komunikasi Politik dari Universitas Bunda Mulia (UBM) Silvanus Alvin, Selasa (26/11/2019) seperti dilansir okezone.

Menurutnya, kondisi saat ini sudah tepat dengan adanya keputusan dua periode bagi masa jabatan Presiden.

"Bagi saya, putuskan masa jabatan Presiden dengan periode waktu dengan periode per tahun sekarang sudah tepat. Perlu ada masa depan," ujarnya.

Silvanus Alvin menyebutkan, menggantikan masa pemerintahan Presiden diterapkan demi kemenangan yang lahir dari para pemimpin yang berwenang.

"Dalam situasi ini adagium yang tepat dari Lord Acton bahwa kekuasaan cenderung korup, kekuasaan absolut kemudian korup mutlak," kata alumni Universitas Jebolan, Leicester, Inggris, ini.

Bila wacana berharap masa depan Presiden menjadi nyata, hal ini seakan membenarkan kebijakan publik tentang ada perubahan politik amandemen hasil.

"Pembatasan masa depan pemilu ini juga menjamin akan regenerasi politik. Jangan sampai sembuh regenerasi politik yang sudah baik di Indonesia ini malah mundur. Jokowi yang dilahirkan (dari) proses regenerasi politik. Begitu pula dengan nama-nama seperti Ridwan Kamil, Sandiaga Uno, Erick Thohir, Risma, dan lain-lain," tandasnya.

Sebelumnya, Wakil Ketua MPR RI Arsul Sani mengatakan pihaknya mendapatkan calon presiden periode ditambah dari dua menjadi tiga periode. Namun pihaknya hanya menerima sebaran yang diterima.

Sementara itu, PDI Perjuangan (PDIP) memutuskan tidak pernah menyuarakan wacana menyetujui masa jabatan presiden menjadi tiga periode dalam amandemen terbatas UUD 1945.

"PDI Perjuangan tidak menyuarakan pemilihan masa jabatan, karena kami mendukung terhadap reformasi, pemilihan presiden dua kali lipat berdasarkan konstitusi," ujar Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto di Sekolah Partai PDIP, Depok, Jabar, Jumat 22 November 2019. (Okz/P)

Loading...
Share on Google Plus

Tentang Partukkoan

Partukkoan.com merupakan Situs Online yang dikelola untuk memberikan Informasi yang akurat dan terpercaya di sekitar Wilayah Tapanuli dan Bonapasogit, partukkoan.com adalah kompasnya orang batak.
    Facebook Comment