Event Horja Bius, Bupati Samosir Ikut Manortor

Bupati Samosir Drs. Rapidin Simbolon ikut manortor | ist
PARTUKKOAN.com

Pemerintah Kabupaten Samosir terus melakukan upaya dalam meningkatkan kunjungan wisatawan ke daerahnya. Salah satu cara yang dilakukan adalah dengan melestarikan budaya daerah seperti event Horja Bius.

Event Horja Bius yang digelar Pemkab Samosir dilaksanakan di Desa Tomok Parsaoran, Kecamatan Simanindo, Samosir, Sumatera Utara selama dua hari, Jum'at-Sabtu (29-30/11/2019).

Horja bius itu merupakan ritual mangalahat horbo (kerbau-red) yaitu ritual untuk menghasilkan suatu keputusan yang harus dilaksanakan untuk kemajuan kampung.

Selain itu, Mangalahat Horbo juga sebagai ucapan syukur kepada leluhur dengan mempersembahkan hewan qurban, yakni kerbau pilihan.

Pagelaran budaya ini didukung Pemerintah Kabupaten Samosir yang merupakan event tahunan dalam rangkaian Horas Samosir Fiesta 2019.

Bupati Samosir Drs. Rapidin Simbolon menyampaikan ucapan terimakasih kepada tokoh adat dan seluruh masyarakat Desa Tomok Parsaoran atas kebersamaan dalam menyelenggarakan event yang diharapkan menjadi magnet wisatawan.

Menarik

Menariknya, pada acara tersebut, Bupati Rapidin Simbolon diajak marembas (manortor). Salah seorang peserta tortor, ketika Pemkab Samosir menyampaikan satti (partisipasi; red), menantang Bupati Rapidin marembas.

Moment itu bukan saja menghibur namun juga menambah kemeriahan pagelaran Horja Bius 2019, yang juga disi dengan hiburan rakyat menampilkan Marsada Band dan Permata Trio. (Rel)

Loading...
Share on Google Plus

Tentang Admin Lima

Partukkoan.com merupakan Situs Online yang dikelola untuk memberikan Informasi yang akurat dan terpercaya di sekitar Wilayah Tapanuli dan Bonapasogit, partukkoan.com adalah kompasnya orang batak.
    Facebook Comment