Polres Samosir dan TNI Gelar Apel Pasukan Aman Nusa Toba II

Kapolres Samosir AKBP M. Saleh mengecek kesiapan pasukan | IST
PARTUKKOAN.com

Polres Samosir bersama TNI serta Instansi terkait lainnya melaksanakan Apel Gelar Pasukan Aman Nusa Toba II Tahun 2020 di halaman Mapolres, Kamis, (9/1/2020).

Pada kesempatan itu, Kapolres Samosir AKBP Muhammad Saleh menekankan pentingnya membangun sinergitas antara TNI-Polri juga unsur lainnya dalam menanggulangai bencana alam yang terjadi di wilayah hukum Polres Samosir.

“Pada pelaksanaan Apel Gelar Pasukan Aman Nusa II Toba 2020 Polres Samosir disepakati bahwa TNI-Polri dan Instansi terkait akan bersinergi dalam penanggulangan bencana alam di Kabupaten Samosir,” kata AKBP Muhammad Saleh.

Apel Gelar Pasukan Aman Nusa Toba II ini lanjut Kapolres, adalah bagian dari langkah antisipasi terjadinya bencana alam seperti di wilayah Jabodetabek yang menelan korban 66 jiwa orang meninggal dunia diakibatkan tanah longsor, hipertermia, tenggelam, dan kesalahan listrik.

“Untuk itu, maka kita berkumpul di sini untuk antisipasi kejadian yang sama di Kabupaten Samosir,” pintanya.

Bukan hanya itu, Saleh mengatakan personel dituntut kesiapsediaannya dalam menangani bencana alam seperti yang terjadi beberapa waktu lalu di wilayah Kabupaten Samosir.

“Dengan terjadinya bencana alam di wilayah kabupaten Samosir antara lain banjir bandang di Kecamatan Sitio-tio pada tanggal 8 Desember 2019, longsor yang terjadi di dusun III Sigarantung, Kecamatan Simanindo dan kebakaran lahan yang sering terjadi sehingga dituntut kesiapsedian kita dalam tanggap bencana alam,” ucapnya.

Beberapa alat kelengkapan dalam menanggulangi bencana alam

Senada dengan Kapolres, Danramil 03/Pangururan Kapt. Inf. Donald Panjaitan mengatakan Apel Gelar Pasukan Aman Nusa Toba II Tahun 2020 adalah untuk mengecek kesiapan anggota dalam menghadapi situasi dinamika alam.

"Sinergitas TNI-Polri dan juga instansi terkait lainnya sangat dibutuhkan dalam menghadapi persoalan alam, seperti bencana banjir, longsor dan bencana lainnya yang harus segera ditanggulangi bersama," ujar Donald Panjaitan.

Acara itu turut dihadiri anggota TNI, Polres Samosir, Dinas BPBD, Tim Tagana, Dinas PUPR, Dinas Perhubungan serta tokoh masyarakat dan pihak terkait lainnya. (Rel)

Loading...
Share on Google Plus

Tentang Partukkoan

Partukkoan.com merupakan Situs Online yang dikelola untuk memberikan Informasi yang akurat dan terpercaya di sekitar Wilayah Tapanuli dan Bonapasogit, partukkoan.com adalah kompasnya orang batak.
    Facebook Comment